Berbagi di Facebook
Tweet di Twitter
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyambut Gubernur DKI Jakarta yang juga calon presiden dari Partai Nasdem Anies Baswedan saat hendak akan melakukan pertemuan di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (7/10/2022). Pertemuan tersebut membahas mengenai berbagai hal menjelang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024. Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com

JAKARTA (POLITIKKITA.COM) Partai Demokrat akhirnya resmi menyatakan mendukung Anies Baswedan maju menjadi Bakal Calon Presiden dalam Pilpres 2024. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menegaskan keputusan tersebut.

AHY,panggilan akrab Agus Harimurti Yudhoyono juga mengajak calon mitra koalisinya untuk segera membentuk Sekretariat Perubahan. AHY menyampaikan tim kecil Koalisi Perubahan mendekati tahap final. Dimana pertemuan intens dilakukan Partai Demokrat, Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) selama enam bulan belakangan ini.

Putra pertama Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), tersebut menyebutkan jika tiga partai tersebut sudah satu pandangan untuk mendukung Anies sebagai bakal calon presiden (Bacapres).

“Adapun terkait Bakal Calon Presiden (Bacapres), sudah ada kesamaan cara pandang dari ketiga partai untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Bacapres 2024,” kata AHY dalam pernyataan tertulisnya, Rabu, 25 Januari 2023.

Menurutnya, Anies Baswedan merupakan sosok yang dapat memberikan perubahan dan juga perbaikan. “Bagi Demokrat, Mas Anies adalah Tokoh Perubahan dan Perbaikan,” ujarnya.

AHY menyinggung terkait bakal calon wakil presiden (Bacawapres) yang akan mendampingi Anies melenggang di kontestasi Pilpres 2024. Dia menghormati pilihan NasDem untuk menyerahkan hal itu sepenuhnya kepada Anies, akan tetapi dia juga menilai langkah Demokrat dan PKS yang mengajukan calon juga bagian dari aspirasi.

Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya mengungkapkan alasan pihaknya tidak menggelar deklarasi Anies sebagai bakal capres layaknya yang dilakukan Partai NasDem.

“Jadi alhamdulillah kemarin Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono telah menyampaikan posisinya secara terang benderang, terkait mengusung Pak Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024,” kata Riefky usai pertemuan tim kecil ‘Koalisi Perubahan’ di Rumah Kediaman Anies Baswedan, Jl Lebak Bulus Dalam II, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2023). (PK/RED)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here