Berbagi di Facebook
Tweet di Twitter
Ganjar Pranowo dan Erick Thohir

JAKARTA (POLITIKKITA.COM) Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sosok yang paling lengkap untuk menjadi pasangan cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Erick Thohir memiliki keunggulan yang fresh yang daya tarik, keunggulan elektabilitas, dekat dengan elite dan memiliki logistik kuat.

Pengamat Politik Burhanuddin Muhtadi menilai Erick Thohir bisa menyolidkan dukungan pemilih Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi sebagai calon wakil presiden (cawapres) di pemilihan presiden (pilpres) 2024. Dukungan ini menguatkan langka kandidasi bagi pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir.

“Jadi kalau dipinang, Erick Thohir bisa punya potensi untuk menambah dukungan pada dua jalur, jalur pertama adalah jalur tradisional pendukung Ganjar dan Pak Jokowi,” terang Burhanuddin.

Seperti diketahui, elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres terus mengalami tren kenaikan. Berdasarkan hasil temuan survei terbaru yang dirilis oleh Poltracking Indonesia, menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi tersebut menjadi cawapres terkuat di Indonesia.

Elektabilitas Erick Thohir menjadi yang teratas dalam lingkup nasional dengan angka 16,2 persen. Begitu juga di Jateng yang merupakan basis masa dari Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi.

Di Jateng, Erick Thohir memiliki elektabilitas sebagai cawapres tertinggi di angka 25,4 persen. Angka tersebut jauh meninggalkan peringkat dua yakni Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) tersebut terekam memiliki elektabilitas sebesar 10,4 persen. Selisih 15 persen dengan peringkat pertama Erick Thohir. Maka dari itu, Burhanuddin memiliki potensi untuk menebalkan elektabilitas pasangannya ketika maju di Pilpres 2024 mendatang.

“Pak Erick Thohir ini kan satu sisi memperkuat basis dukungan,” terang Burhanuddin. (PK01/RED)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here