Berbagi di Facebook
Tweet di Twitter
Survei : Elektabilitas Erick Thohir Digdaya di Puncak Elektabilitas Cawapres

JAKARTA (POLITIKKITA.COM) Elektabilitas Erick Thohir menunjukkan tren positif di lima Provinsi Pulau Jawa. Tercatat dalam temuan terbaru survei Poltracking Indonesia, Erick Thohir dominan di Jawa Tengah, Jawa Timur dan masuk tiga besar di DKI, Banten, serta Jawa Barat.

Merujuk dari hasil temuan survei tersebut, elektabilitas Erick Thohir tumbuh sangat positif. Elektabilitas Erick Thohir di tiga provinsi tersebut meliputi DKI Jakarta (17.2%), Banten (11.7%), kemudian di Jabar (10.3%).

Menurut Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago elektabilitas seorang figur menjadi faktor yang saat ini begitu dipertimbangkan oleh para partai politik (parpol) pengusung. Terutama dalam menghadapi kontestasi Pilpres 2024.

“Dengan demikian faktor wakil menjadi kunci kalau salah ambil wakil akan bisa bunuh diri,” kata Pangi.

Dia menilai pada Pilpres nanti, sosok seorang cawapres memiliki peranan yang cukup penting dalam mengerek angka keterpilihan. Kondisi demikian didukung dengan fakta tidak ada calon presiden (capres) maupun cawapres petahana.

“Karena Pilpres kita ini adalah lapangannya data tidak ada incumbent,” tambah Pangi.

Karenanya dia melihat sosok Erick Thohjr sebagai figur cawapres yang potensial dengan banyak kelebihan. Kondisi tersebut membuat mantan Presiden Inter Milan ini menjadi sosok cawapres idaman di Pilpres 2024.

“Mau disimulasikan apakah dengan Ganjar mau Prabowo ataupun Anies atau dengan yang lain, tetap beliau sebagai cawapres,” ucap Pangi.

Atas dasar itu juga, dia menilai, pemilihan figur cawapres tidak kalah pentingnya dengan penentuan capres. Sebab dampak yang ditimbulkan cukup fatal bila tidak tepat dalam memilih pasangan calon (paslon) dalam Pilpres nanti. (PK2/RED)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here