Berbagi di Facebook
Tweet di Twitter
Wakil Wali Kota Surabaya Ir Armuji, MH

SURABAYA (POLITIKKITA.COM) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya meluncurkan Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu), Kamis (24/11/2022). Menggandeng unsur kepolisian dan kejaksaan, sentra Gakkumdu akan mengantisipasi hingga penindakan berbagai potensi pidana pemilu.

Di Surabaya, Sentra Gakkumdu melibatkan lima instansi. Yakni Bawaslu Surabaya, Polrestabes Surabaya, Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Kejaksaan Negeri Surabaya, dan Kejaksaan Negeri Tanjung Perak.

Pasca diluncurkan, Sentra Gakkumdu akan segera berjalan. Terutama dengan mengawasi proses pemilu yang sedang berlangsung saat ini, yakni verifikasi administrasi dan faktual calon peserta pemilu 2024.

“Kami utamakan pencegahan. Kami upayakan tidak ada pelanggaran pidana yang terjadi,” kata Agil Akbar.

Sementara itu,  Wakil Walikota Surabaya Armuji dalam sambutannya mengatakan bahwa masyarakat Surabaya merupakan warga yang rasional dalam menentukan pilihan politik.  “Sangat rasional sekali , seperti politik uang diterima uangnya tidak dipilih orangnya . Karena pemilihan umum sifatnya rahasia “, kata Armuji disambut gelak tawa hadirin.

Dikatakan, untuk membangun Pemerintahan yang bersih , transparan dan profesional  maka dibutuhkan penyelenggaraan pemilu yang jujur , bermartabat dan adil.  “Semoga sinergitas Bawaslu dan jajaran samping kejaksaan dan kepolisian mampu menghadapi pemilu kedepan yang dilaksanakan secara serentak,” tegas Armuji

Pada peluncuran tersebut, Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji turut hadir dan ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali oleh Cak Ji. Saat ditanya makna jumlah pukulannya ia menjawab sebagai wujud sila ketiga persatuan Indonesia. (PK2/RED)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here